kimirochimi.blogspot.com

kimirochimi.blogspot.com
Jumat, 14 Desember 2012

BUCKET CONVEYOR..,


BUCKET CONVEYOR

Bucket Conveyor atau biasa disebut Elevator adalah alat yang digunakan untuk memindahkan material secara inclined dari bawah menuju ke atas dengan kemiringan diatas 70 derajat dan tidak lebih dari 90 derajat. Bucket Conveyor merupakan Conveyor yang bekerja secara continue yang termasuk kedalam jenis conveyor with pulling member. Pada pabrik kelapa sawit terdapat beberapa Bucket Bonveyor, nama dari conveyor ini tergantung dimana dan jenis material yang akan dipindahkan, apakah material yang bersifat basah, abrasive, atau material yang bersifat kering dan mudah untuk dipindahkan. Berikut ini adalah beberapa jenis Bucket Conveyor yang ada pada pabrik kelapa sawit:



a. Fruit Elevator
Fruit elevator merupakan alat penerima brondolan dari bottom cross conveyor dan didistribusikan menuju top cross conveyor. Fruit elevator terdiri atas bucket-bucket, sproket, chain, motor, gear box, dan roller chain. Fruit elevator menggunakan bucket dengan jenis Deep Bucket dan menggunakan Double Chain. Fruit Elevator dibuat miring agar mempermudah penuangan brondolan dari bucket menuju ke fruit conveyor. Ketinggian dari fruit elevator pada umumnya adalah 40 – 50 kaki dan terdiri dari 50 – 55 bucket. Kecepatan putaran fruit elevator adalah 1 putaran (cycle) per menit.

Gbr. Fruit Elevator
Spesifikasi :
- Electromotor
Merk : Renold
Rpm : 1435
Kw : 5,5
V : 380-415
A : 12,8
Hz : 50
Cos : 0,78
Brg : 6308 ZZ, 6208 ZZ
- Bucket
Fruit elevator menggunakan bucket dengan jenis Deep Bucket. Pada pabrik kelapa sawit kapasitas 1 buah bucket adalah 16,2 kg, panjang elevator ± 13000 mm, dan panjang chain ± 26000 mm.

b. Cracked Mixture Elevator
Cracked Mixture Elevator berfungsi untuk membawa Cracked Mix (cangkang dan kernel hasil pemecahan Ripple Mill) dari Craked Mix Conveyor menuju LTDS 1. Cracked Mixture Elevator termasuk kedalam elevator dengan single chain. Jumlah bucket pada
0,56 m
0,23 m
0,1 m
0,25 m
Gambar Bucket Elevator
setiap Cracked Mixture Elevator adalah 35 buah, dan waktu cycle untuk satu kali putaran adalah 31 detik.

Gbr. Cracked Mixture Elevator

c. Wet Nut Elevator
Wet Nut Elevator berfungsi untuk membawa Nut yang telah bersih menuju Destoner. Pada pabrik kelapa sawit terdapat dua buah Wet Nut Elevator yang terbagi pada Line A dan Line B. Jumlah bucket pada setiap line adalah 35 buah dan waktu cycle tiap Wet Nut Elevator adalah 32 detik. Wet Nut Elevator merupakan jenis bucket elevator yang menggunakan single chain.

Gbr. Wet Nut Elevator

d. Wet Kernel dan Wet Shell Elevator
- Wet Shell Elevator
Wet Shell Elevator berfungsi untuk membawa cangkang yang telah terpisah dari kernel setelah penyaringan pada Vibrating Screen. Elevator ini merupakan elevator yang menggunakan single chain. Jumlah bucket pada elevator ini adalah 58 buah waktu cyle untuk satu kali putaran adalah satu menit 33 detik.
- Wet Kernel Elevator
Wet Kernel Elevator berfungsi untuk membawa broken kernel yang telah terpisah dari cangkang menuju kernel conveyor. Jumlah bucket pada elevator ini adalah 58 buah, dan waktu cycle untuk satu kali putaran adalah 1 menit 10 detik.
Wet Shell Elevator
Wet Kernel Elevator

0 komentar:

Posting Komentar

komentar pengunjung

 
;